Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12691
Title: Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017
Authors: Pratiwi, Cindi
Keywords: Model Pembelajaran;Group Investigation;Keaktifan Belajar
Issue Date: 2017
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Datar kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang masing masing terdiri dari 5 buah soal. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar matematita siswa. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil ketuntasan siswa 52,9 % atau 18 siswa yang tuntas dari 34 siswa dan observasi keaktifan siswa yaitu 1,98 dengan kategori tidak baik, maka harus dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus ii menunjukkan peningkatan yaitu 28 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau 82,3 %, pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian ini sudah tercapai dan ternyata pada siklus II ini juga mengalami peningkatan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 3,01 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan bangun datar terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12691
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINDI PRATIWI.pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.