Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah model
pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika
siswa pada pokok bahasan Bangun Datar kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan
T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes
yang digunakan adalah tes tertulis yang masing masing terdiri dari 5 buah soal.
Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek
penelitian ini siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2016/2017
yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan
menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan
keaktifan belajar matematita siswa. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil
ketuntasan siswa 52,9 % atau 18 siswa yang tuntas dari 34 siswa dan observasi
keaktifan siswa yaitu 1,98 dengan kategori tidak baik, maka harus dilanjutkan ke
siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus ii menunjukkan peningkatan yaitu 28 siswa
yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau 82,3 %, pada siklus II ini yang menjadi
tujuan penelitian ini sudah tercapai dan ternyata pada siklus II ini juga mengalami
peningkatan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 3,01 dengan kategori baik.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group
Investigation pada pokok bahasan bangun datar terjadi peningkatan keaktifan dan
hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan
T.P 2016/2017.