Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12678
Title: Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization pada siswa SMP Darussalam Medan T.P 2016/1017
Authors: Hildayanti, Iqlimah
Keywords: Motivasi Kerja;Hasil Belajar Matematika;Model Pembelajaran Team Assisted Individualization
Issue Date: 2017
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017, apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017 dan apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017, untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Dan objek penelitiannya adalah penggunaan metode team assisted individualization untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa SMP Darussalam Medan T.P 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pada siklus I diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 1,1 dengan kriteria kurang dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 15%, pada siklus II diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 1,54 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 75%, pada siklus III diperoleh rata-rata motivasi siswa sebesar 2,5 dengan kriteria baik serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization motivasi dan hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12678
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IQLIMAH HILDAYANTI.pdf464.66 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.