Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12668
Title: Upaya meningkatkan berpikir kreatif menggunakan model Treffinger pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017
Authors: Lubis, Ainun Kumala
Keywords: berpikir kreatif;model treffinger;hasil belajar
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan berpikir kreatif matematika pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Dan bagaiamana ketercapaian tujuan pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger pada pokok bahasan Himpunan pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatakan berpikir kreatif matematika meggunakan model Treffinger pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat kreativitas siswa, dan tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar dalam berpikir kraetif. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan berpikir kreatif dalam belajar siswa pada pokok bahasan Himpunan pada pembelajaran awal diperoleh rata – rata observasi kreativitas siswa yang masih tergolong tidak kreatif, dimana tingkat presentase siswa pada tes awal 33,33%, kemudian meningkat pada siklus I dimana tingkat presentase siswa hanya 50%, dan meningkat lagi pada siklus II dimana tingkat presentase siswa mencapai 83,33% dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model Treffinger dapat meningkatkan berpikir kreatif belajar matematika siswa dikelas VII SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12668
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AINUN KUMALA LUBIS.pdf1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.