Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan berpikir kreatif matematika pada
siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Dan bagaiamana
ketercapaian tujuan pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger pada
pokok bahasan Himpunan pada siswa SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P
2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatakan
berpikir kreatif matematika meggunakan model Treffinger pada siswa SMP An –
Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017. Alat pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi untuk melihat kreativitas siswa, dan tes untuk melihat
ketercapaian hasil belajar dalam berpikir kraetif. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat
peningkatan berpikir kreatif dalam belajar siswa pada pokok bahasan Himpunan
pada pembelajaran awal diperoleh rata – rata observasi kreativitas siswa yang masih
tergolong tidak kreatif, dimana tingkat presentase siswa pada tes awal 33,33%,
kemudian meningkat pada siklus I dimana tingkat presentase siswa hanya 50%, dan
meningkat lagi pada siklus II dimana tingkat presentase siswa mencapai 83,33% dari
analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model
Treffinger dapat meningkatkan berpikir kreatif belajar matematika siswa dikelas VII
SMP An – Nadwa Islamic Centre Binjai T.P 2016/2017.