Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12662
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Kemampuan Belajar Matematika Pada Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017
Authors: Ani, Fitri
Keywords: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision Terhadap Kemampuan Belajar Matematika
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan dan seberapa signifikan berpengaruhnya metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 MedanT.P 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes berupa tes awa l(pretest) dan tes akhir (post-tes) yang terdiri masing-masingnya 5 item soal tes awal (pretest) dan 5 item soal tes akhir (post-tes). Hasil uji validitas dari 15 item soal diperoleh ada 11 item soal yang valid dan 4 item soal yang tidak valid.Sebagai populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan yang berjumlah 93 siswa, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKR yang berjumlah 68 siswa. Hasil uji reabilitas dari 15 yang valid diperoleh bahwa 11 soal yang reliable. Setelah dilakukan pengujan data kemampuan pemahaman matematika ternyata diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung (5,34) > ttabel (1,99656). Maka Hα diteima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan dari uji hipotesis bahwa kemampuan belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017. Adapun besar pengeruh metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017 adalah sebesar 2,89 %.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12662
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FITRI ANI.pdf2.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.