Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran
Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa
SMK Muhammadiyah 9 Medan dan seberapa signifikan berpengaruhnya metode
pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan belajar
matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 MedanT.P 2016/2017. Instrument
penelitian yang digunakan adalah tes berupa tes awa l(pretest) dan tes akhir (post-tes)
yang terdiri masing-masingnya 5 item soal tes awal (pretest) dan 5 item soal tes akhir
(post-tes). Hasil uji validitas dari 15 item soal diperoleh ada 11 item soal yang valid
dan 4 item soal yang tidak valid.Sebagai populasi penelitian ini seluruh siswa kelas
XI SMK Muhammadiyah 9 Medan yang berjumlah 93 siswa, sehingga yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKR yang berjumlah 68 siswa. Hasil uji
reabilitas dari 15 yang valid diperoleh bahwa 11 soal yang reliable. Setelah dilakukan
pengujan data kemampuan pemahaman matematika ternyata diperoleh thitung > ttabel
yaitu thitung (5,34) > ttabel (1,99656). Maka Hα diteima dan H0 ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan dari uji hipotesis bahwa kemampuan belajar matematika siswa pada
kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti terdapat pengaruh
antara metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan
belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017.
Adapun besar pengeruh metode pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision
terhadap kemampuan belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas XI
SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2016/2017 adalah sebesar 2,89 %.