Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12617
Title: Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Siswa yang Mendapat Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning pada Siswa SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2016/2017
Authors: Muhazir, Ahmad
Keywords: Discovery Learning;Problem Based Learning;Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Issue Date: 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model discovery learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika anatara siswa yang mendapatkan model discovery learning dengan model problem based learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu sekolah menengah atas di kabupaten Langkat. Sampelnya adalah siswa kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas X Mia 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 47 dan 45 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Two Group Post Test Only. Instrumen yang digunakan adalah soal tes tentang pemecahan masalah matematika. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 diperoleh nilai probabilitas (Sig.) 0,033 < 0,05 maka H0 Ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapat model discovery learning dan model problem based learning. Walaupun demikian, kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning maupun siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning, keduanya termasuk kategori sedang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12617
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AHMAD MUHAZIR.pdf2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.