Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12570
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Debat Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al –Qur’an Hadis Di Kelas X Mas Muhammadiyah 1 Medan
Authors: Sukmawati
Keywords: Metode Debat;Hasil Belajar
Issue Date: Mar-2017
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode debat dalam menanamkan sikap indahnya ikhlas dalam beribadah dan pengaruh metode debat terhadap hasil belajar siswa di MAS Muhammadiyah 1 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dan pengaruh penggunaan metode debat terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di sekolah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan penelitian eksperimen ini termasuk ke dalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas X sebanyak 30 orang dan sampel sebesar 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi, dan angket. Pengolaan penelitian ini menggunakan rumus kolerasi Product Moment, uji “ t , uji validitas serta rumus reabilitas untuk melihat konstribusi yang diberikan antara variabel X dan variabel Y. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik kolerasi Product Moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien Product Moment dengan tabel nilai “ r “ product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa 𝑟𝑥𝑦 =0,383 lebih besar dari pada 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 baik itu taraf 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,383 ≥ 0,361 dan 0,463. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara model pembelajaran metode debat terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS Muhammadiyah 1 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12570
Appears in Collections:Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.