Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12543
Title: Pengaruh perlintasan sebidang jalan M.T Haryono Dengan Rel Kereta Api Terhadap Karakteristik Lalu Lintas
Authors: Rahim, M. Yasir
Keywords: Perlintaasan sebidang,volume lalu lintas
Issue Date: 20-Mar-2017
Abstract: Suatu persimpangan biasanya terbentuk dari pertemuan antara dua ruas jalan dengan arah yang berbeda. Pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi seperti jalan raya dengan rel kereta api merupakan bentuk pertemuan yang menimbulkan masalah. Peranan sistem kontrol pada pertemuan dua jalur prasarana transportasi tersebut yang di Indonesia disebut dengan perlintasan sebidang jalan dengan rel kereta api, saat ini banyak yang telah dioperasikan secara semi otomatis. Permasalahan yang tampak adalah walaupun sistem kontrol tersebut telah dioperasikan dengan benar, tapi bila volume kendaraan pada pendekat lintasan sedemikian besar maka akan menimbulkan tundaan dan panjang antrian yang cukup berarti dan risiko terjadinya kecelakaan lalulintas antara kendaraan jalan raya dengan kereta api akan semakin besar. Dari hasil analisis yang dilakukan pada lokasi tanpa hambatan lalulintas nilai kcepatan arus bebas Ūf 37.20 km/jam, nilai kerapatan macet Dj 116.808 dan volume maksimum 1086.403 smp/jam dan pada lokasi dengan hambatan nilai kcepatan arus bebas Ūf 22.57 km/jam, nilai kerapatan macet Dj 213.035 dan volume maksimum 1202 smp/jam, priode penutupan pada jam 16.45.45- 16.47.45 merupakan kondisi maksimum dimana menghasilkan, panjang antrian maksimum = 77 meter, jumlah kendaraan antri N = 39 smp, serta rata-rata tundaan sebesar 79 detik. dapat diketahui bahwa kondisi antrian dan tundaan yang terjadi tergantung pada jumlah kendaraan yang masuk dan durasi penutupan perlintasan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12543
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TA M.YASIR RAHIM.pdf4.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.