Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12264
Title: | Penggunaan Software Geogebra Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 3 Stabat Tahun Ajaran 2019/2020 |
Authors: | Apreilian, Muhammad |
Keywords: | Penggunaan Software Geogebra;Motivasi Belajar;Sistem Persamaan Linier Dua Variabel |
Issue Date: | 10-Oct-2019 |
Abstract: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa setelah menggunakan software Geogebra dengan metode penemuan terbimbing pada siswa SMP Negeri 3 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan software geogebra dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Stabat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran matematika menggunakan software geogebra dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-2. Peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Stabat setelah menggunakan software geogebra dengan metode penemuan terbimbing memperoleh hasil 78,02% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan software geogebra dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Stabat pada materi sistem persamaan linier dua variabel. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12264 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI MUHAMMAD APREILIAN.pdf | 4.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.