Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1213
Title: Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Dengan Teknik Modeling Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas Xi Sma Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Lubis, Widya Aulia
Keywords: Kejenuhan (Burnout) Belajar,;Teknik Modeling;Layanan Bimbingan Kelompok
Issue Date: 2-Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sebelum, sesudah, perbedaan, serta penurunan terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa dengan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Medan, sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Purposive yakni 8 orang siswa masing-masing dari kelas IPA dan IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu pendekatan One Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada setiap siswa yang mengalami kejenuhan (burnout) belajar yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami kejenuhan (burnout) belajar ditinjau dari beberapa indikator yaitu keletihan indera, keletihan fisik, keletihan mental, belajar tidak bervariasi, suasana belajar yang monoton (tidak berubah-ubah), kurang aktifitas rekreasi dan hiburan, dan lingkungan belajar. Hasil uji persyaratan analisis menggunakan uji t paired sampels test diperoleh = 2,145. Dengan demikian > (14,231 >2,145) atau Sig ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan (burnout) belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XII SMA harapan Mekar Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1213
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WIDYA AULIA LUBIS.pdfFulltext812.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.