Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1208
Title: Pengembangan Media Pembelajaran “Bingo+” Menggunakan Metode Edutainment Pada Materi Bilangan T.P 2019/2020
Authors: Damayanti, Dina Febri
Keywords: Materi Bilangan;Model Plomp;Metode Edutainment;Media Bingo+;Pengembangan
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bingo+ menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase design, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media Bingo+, lembar respon siswa terhadap media Bingo+, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan UMSU dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada materi bilangan. Berdasarkan hasil validasi media Bingo+ didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,67 dan ahli media 4,15. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media Bingo+ didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media Bingo+ dinyatakan efektif karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1208
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DINA FEBRI DAMAYANTI.pdfFulltext4.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.