Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12053
Title: Perbandingan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Model Konvensional Dalam Menulis Buku Harian Siswa Kelas Vii Smp Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Sabaniah, Siti
Keywords: Perbandingan Hasil Belajar;Menggunakan Model Explicit Instruction;Model Konvensional;Menulis Buku Harian
Issue Date: 24-Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis buku harian siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah yang berjumlah 73 orang yang terdiri dari 2 kelas, sampel diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen atau alat yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes esai yaitu kemampuan menulis buku harian dengan model pembelajaran Explicit Instruction dan model Konvensional. Hasil penelitian dengan menggunakan model Konvensional atau kelas Kontrol adalah sebesar 68,70. Siswa yang memiliki nilai 80-100 (sangat baik) sebanyak 0 siswa (0%), siswa yang memiliki nilai 70-79 (baik) sebanyak 4 siswa (10,00%), siswa yang memiliki nilai 60-69 (sedang) sebanyak 5 siswa (12,50%), siswa yang memiliki nilai (kurang) sebanyak 7 siswa (17,50%), dan siswa yang memiliki nilai 0-49 (sangat kurang) sebanyak 13 siswa (60,00%). Sedangan model pembelajaran Explicit Instruction adalah 87,69. Siswa yang memiliki nilai 80-100 (sangat baik) sebanyak 9 siswa (27,27%), siswa yang memiliki nilai 70-79 (baik) sebanyak 10 siswa (30,30%), siswa yang memiliki nilai 60-69 (sedang) sebanyak 0 siswa (0%), siswa yang memiliki nilai (kurang) sebanyak 7 siswa (21,21%), dan siswa yang memiliki nilai 0-49 (sangat kurang) sebanyak 7 siswa (21,21%)
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12053
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI SABANIAH.pdf710.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.