Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis buku
harian siswa kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII
SMP Tarbiyah Islamiyah yang berjumlah 73 orang yang terdiri dari 2 kelas,
sampel diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen
atau alat yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes esai
yaitu kemampuan menulis buku harian dengan model pembelajaran Explicit
Instruction dan model Konvensional. Hasil penelitian dengan menggunakan model
Konvensional atau kelas Kontrol adalah sebesar 68,70. Siswa yang memiliki nilai
80-100 (sangat baik) sebanyak 0 siswa (0%), siswa yang memiliki nilai 70-79
(baik) sebanyak 4 siswa (10,00%), siswa yang memiliki nilai 60-69 (sedang)
sebanyak 5 siswa (12,50%), siswa yang memiliki nilai (kurang) sebanyak 7 siswa
(17,50%), dan siswa yang memiliki nilai 0-49 (sangat kurang) sebanyak 13 siswa
(60,00%). Sedangan model pembelajaran Explicit Instruction adalah 87,69. Siswa
yang memiliki nilai 80-100 (sangat baik) sebanyak 9 siswa (27,27%), siswa yang
memiliki nilai 70-79 (baik) sebanyak 10 siswa (30,30%), siswa yang memiliki
nilai 60-69 (sedang) sebanyak 0 siswa (0%), siswa yang memiliki nilai (kurang)
sebanyak 7 siswa (21,21%), dan siswa yang memiliki nilai 0-49 (sangat kurang)
sebanyak 7 siswa (21,21%)