Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11837
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Zulham
Keywords: Kemampuan Menulis;Teks Deskripsi
Issue Date: 24-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan Menulis Teks deskripsi oleh Siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 yang berjumlah 322 siswa. Sedangkan sampel diambil secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran concept sentence dan 36 orang siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan kerangka teoretis dan kerangka konseptual dapat dirumuskan bahwa dalam penelitian adalah “Ada pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks deskripsi”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat ada pengaruh hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah esai yaitu tes kemampuan menulis teks deskripsi. Setelah menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh hasil skor tertinggi sebanyak 20 orang dengan nilai 80-100 dan skor terendah 5 orang dengan nilai 60 dan rata -rata kelas 77,14. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 6 orang dengan nilai 80-100 dan skor terendah 7orang dengan nilai 50-59 dan rata-rata 65,97 Dari perolehan di atas, diperoleht hitung>ttabel (5,00 > 1,667). Dengan demikian Ha diterima.Maka dengan kata lain adanya pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan TahunPembelajaran 2017-2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11837
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZULHAM.pdf1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.