Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan Menulis Teks deskripsi
oleh Siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 yang berjumlah 322
siswa. Sedangkan sampel diambil secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu
35 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
concept sentence dan 36 orang siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan
model konvensional. Berdasarkan kerangka teoretis dan kerangka konseptual
dapat dirumuskan bahwa dalam penelitian adalah “Ada pengaruh Model
Pembelajaran Concept Sentence terhadap kemampuan menulis teks deskripsi”.
Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen yaitu
penelitian yang dilakukan untuk melihat ada pengaruh hasil sebagai akibat
adanya perbedaan perlakuan yang diberikan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah esai yaitu tes kemampuan menulis teks deskripsi. Setelah
menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh
hasil skor tertinggi sebanyak 20 orang dengan nilai 80-100 dan skor terendah 5
orang dengan nilai 60 dan rata -rata kelas 77,14. Sedangkan pada kelas kontrol
diperoleh skor tertinggi 6 orang dengan nilai 80-100 dan skor terendah 7orang
dengan nilai 50-59 dan rata-rata 65,97 Dari perolehan di atas, diperoleht
hitung>ttabel (5,00 > 1,667). Dengan demikian Ha diterima.Maka dengan kata lain
adanya pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan
menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan
TahunPembelajaran 2017-2018.