Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1173
Title: Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas X Sma Ypk Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Purnama, Eva
Keywords: Minat Baca;Layanan Penguasaan Konten
Issue Date: 19-Sep-2019
Abstract: Minat baca remaja Indonesia saat ini tergolong rendah, padahal remaja merupakan tombak peradaban yang akan menentukan arah nasib bangsa kedepannya. Sebagai upaya peningkatan minat baca tersebut, dalam penelitian kali ini digunakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu layanan penguasaan konten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru BK, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas X IPS-1 SMA YPK Medan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dan pengisian google formulir sebagai pendukung dalam memperkuat data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan minat baca siswa X IPS-1 dari siklus I ke siklus II, salah satu peningkatan yang dapat dilihat dengan jelas adalah persentase hasil pengisian google formulir siswa X IPS-1, pada siklus I sebelum pelaksanaan layanan masih ada 32% siswa yang “tidak pernah” membaca buku dalam waktu 1 minggu, setelah pemberian layanan penguasaan konten di siklus I, meningkat menjadi 8% siswa yang mengaku “lebih dari 5 kali” membaca buku dalam seminggu dan sudah tidak ada siswa yang mengaku “tidak pernah” membaca buku dalam waktu 1 minggu. Pada siklus II terdapat 68% siswa mengaku “3-4 kali” membaca buku dalam seminggu, 32% lainnya “lebih dari 5 kali”
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1173
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EVA PURNAMA.pdfFulltext1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.