Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11582
Title: Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan.
Authors: Waty, Rani Anugrah
Keywords: Relationship Marketing;Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah.
Issue Date: 18-Apr-2017
Abstract: Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan. Relationship Marketing adalah upaya perusahaan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen agar tercipta suatu hubungan yang baik antar konsumen dan perusahaan. Relationship Marketing membangun suatu hubungan dan ikatan jangka panjang antara produsen dan konsumen. Hubungan ini merupakan hubungan yang langgeng dan di tuntut untuk saling mempercayai dan ada ketergantungan sehingga tercipta suatu hubungan yang saling menguntungkan Pendekatan penelitian yang dilakukan penulis adalah asosiatif . Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 75 nasabah. Penulis mengumpulkan data dengan cara daftar pertanyaan (quesioner) . dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisa dengan alat bantu statistic dengan program SPSS Ver. 21. Diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda penelitian adalah Y= 21.472 + 0,171 X1+ (- 0,067 X2). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil variabel X1 terhadap Y adalah thitung > ttabel yaitu (2.221 > 1,993) Maka Ho ditolak dan Hα diterima , sehingga ada pengaruh signifikan antara relationship marketing terhadap Loyalitas nasabah. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y adalah (Fhitung2,887 > Ftabel 2,73) . pengaruh keduanya cukup kuat dengan nilai korelasi R=0,074, positif dan signifikan karena jika ada peerbaikan pada relationship marketing dan kualitas pelayanan otomatis akan lebih meningkatkan loyalitas nasabah sehingga ada hubungan dengan loyalitas nasabah. Pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan sebesar 0,74 (7,4%) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang diteliti.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11582
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RANI ANUGRAH WATY.pdf311.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.