Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1152
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Himpunan T.P 2019/2020
Authors: Simanjuntak, Kiki Mega Salmiyah
Keywords: himpunan;macromedia flash;penelitian pengembangan
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Himpunan untuk SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang telah dimodifikasi dari 5 tahap menjadi 3 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan kelas VII-7 dengan menggunakan skala kelas kecil sebanyak 10 orang. Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Himpunan yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/valid digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Hasil penilaian media oleh ahli diperoleh nilai 3,5 dengan kategori kelayakan “Sangat Valid”. Hasil penilaian materi oleh para ahli diperoleh nilai 3,2 dengan kategori kelayakan “Valid”. Hasil penilaian RPP oleh para ahli diperoleh nilai 4,1 dengan kategori “baik”. Analisa uji kepraktisan yang dilakukan oleh para siswa menghasilkan nilai 3,5. Berdasarkan analisis kepraktisan oleh para siswa dapat di tarik kesimpulan bahwa media pembelajaran “praktis” digunakan dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1152
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Kiki Mega Salmiyah Simanjuntak (1502030185).pdfFulltext20.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.