Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash dengan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Himpunan untuk SMP
kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang telah
dimodifikasi dari 5 tahap menjadi 3 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), Design
(perancangan), Development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan kelas VII-7 dengan menggunakan skala kelas kecil
sebanyak 10 orang. Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian
media oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Media
pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash dengan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Himpunan yang
dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/valid digunakan untuk siswa SMP
kelas VII. Hasil penilaian media oleh ahli diperoleh nilai 3,5 dengan kategori
kelayakan “Sangat Valid”. Hasil penilaian materi oleh para ahli diperoleh nilai 3,2
dengan kategori kelayakan “Valid”. Hasil penilaian RPP oleh para ahli diperoleh
nilai 4,1 dengan kategori “baik”. Analisa uji kepraktisan yang dilakukan oleh para
siswa menghasilkan nilai 3,5. Berdasarkan analisis kepraktisan oleh para siswa
dapat di tarik kesimpulan bahwa media pembelajaran “praktis” digunakan dalam
proses pembelajaran.