Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11317
Title: Pengaruh Teknik Pancingan Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas Vii Smp Tarbiyah Islamiyah Tahun Ajaran 2017-2018
Authors: Ramadhani, Syarafina
Keywords: . Pengaruh Teknik Pancingan;Kemampuan Menulis Pantun
Issue Date: 10-Oct-2018
Abstract: Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan teknik pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah tahun pembelajaran 2017-2018 Jumlah populasi ini adalah 118 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan disain one group pre-test post-tes. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada sebelum dan sesudah eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes esai. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun sebelum menggunakan teknik pancingan kata kunci dengan kategori cukup dengan rata-rata 55,63. Sedangkan kemampuan menulis pantun sesudah menggunakan teknik pancingan kata kunci siswa memperoleh nilai dalam kategori baik dengan rata-rata 73,51. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 7,75. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1= 32, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,69, maka hipotesis nihil (nol) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaaan teknik pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun Pembelajaran 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11317
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SYAHFITRI RAMADHANI.pdf1.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.