Abstract:
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
teknik pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas
VII SMP Tarbiyah Islamiyah tahun pembelajaran 2017-2018 Jumlah populasi ini
adalah 118 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa.
Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan disain one group pre-test
post-tes. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu penelitian yang
dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya
perlakuan yang diberikan pada sebelum dan sesudah eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu tes esai. Berdasarkan analisis data, dapat
diketahui bahwa kemampuan menulis pantun sebelum menggunakan teknik
pancingan kata kunci dengan kategori cukup dengan rata-rata 55,63. Sedangkan
kemampuan menulis pantun sesudah menggunakan teknik pancingan kata kunci
siswa memperoleh nilai dalam kategori baik dengan rata-rata 73,51. Berdasarkan
pengujian hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 7,75. Selanjutnya
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1= 32,
maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,69, maka hipotesis nihil (nol) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan atas penggunaaan teknik pancingan kata kunci terhadap
kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun
Pembelajaran 2017/2018