Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11272
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Menyunting Paragraf Oleh Siswa Kelas Ix Smp Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Damayanti, Tri
Keywords: . Pengaruh Model Pembelajaran;Student Teams Achievement Division;Kemampuan Menyunting Paragraf
Issue Date: 5-Apr-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menyunting paragraf oleh siswa kelas IX SMP Negeri 29 Medan tahun pembelajaran 2017- 2018. Populasi penelitian berjumlah 319 siswa yang terdiri atas 8 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak yaitu siswa kelas IX-8 sebagai kelas eksperimen dan IX-7 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menganalisis hipotesis digunakan statistic komparasi. Intrumen penelitian berupa tes essai berbentuk tulisan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menyunting paragraf pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) memiliki rata-rata nilai 82,91 kategori baik sekali. Kemampuan menyunting paragraf kelompok kontrol dengan menggunakan model konvensional memiliki nilai ratarata 56,40 kategori kurang. Berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh nilai thitung > ttabel (10,62 > 1,664) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan db = (n1 + n2) – 2 = 77 yaitu 1,664 sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini berarti model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih berpengaruh digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyunting paragraf dibandingkan dengan model konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11272
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TRI DAMAYANTI.pdf672.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.