Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menyunting
paragraf oleh siswa kelas IX SMP Negeri 29 Medan tahun pembelajaran 2017-
2018. Populasi penelitian berjumlah 319 siswa yang terdiri atas 8 kelas. Sampel
penelitian diambil secara acak yaitu siswa kelas IX-8 sebagai kelas eksperimen
dan IX-7 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen,
untuk menganalisis hipotesis digunakan statistic komparasi. Intrumen penelitian
berupa tes essai berbentuk tulisan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
kemampuan menyunting paragraf pada kelompok eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) memiliki
rata-rata nilai 82,91 kategori baik sekali. Kemampuan menyunting paragraf
kelompok kontrol dengan menggunakan model konvensional memiliki nilai ratarata 56,40 kategori kurang. Berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh nilai thitung
> ttabel (10,62 > 1,664) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan db = (n1 + n2) – 2 =
77 yaitu 1,664 sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini berarti model
pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih berpengaruh
digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyunting paragraf dibandingkan
dengan model konvensional.