Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11160
Title: Analisa Numerik Terhadap Konsentrasi Tegangan Pada Poros Engkol Mesin Dengan 6 Silinder
Authors: Fradillah, Haris
Keywords: Poros Engkol;Kegagalan Poros Engkol
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Poros engkol merupakan salah satu bagian dari komponen mesin yang menerima beban dari hasil pembakaran diruang bakar, kemudian diteruskan ke fly wheel ( roda gila ) setelah itu ke propeller shaft ( poros propeller ) sehingga kendaraan dapat berjalan. Beberapa kendaraan yang bermuatan berat seperti truk sering mengalami kegagalan. Kegagalan ini berupa patahnya poros engkol, keausan yang terjadi pada crank journal, crank pin dan balance weight. Dalam studi numerik ini dilakukan penggambaran menggunakan software catia sedangkan pengujiannya menggunakan software ansyss dengan berfokus pada konsentrasi tegangan. Ada 3 merk pabrikan yang dilakukan dalam studi numerik ini yaitu hino, mitsubhisi dan mercedez benz. Tipe dari masing – masing merk tersebut adalah tipe FM 260 TH dengan beban torsi maksimum 745,3 N.m, tipe 6M70T3 dengan beban torsi maksimum 1618 N.m dan AXOR 1623C dengan beban torsi maksimumnya 810 N.m. Hasil simulasi diperoleh dengan membandingkan 3 merk pabrikan poros engkol dengan pembebanan pada setiap crank pin sebesar 124,2 N.m, 269,66 N.m dan 135 N.m. Dari hasil simulasi metode statis diperoleh bahwa konsentrasi tegangan yang paling besar terjadi pada poros engkol ke 3 ( mercedez benz ) dengan nilai konsentrasi tegangan sebesar 0,0052306 pa. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan yang besar dan ukuran yang panjang tidak terlalu berpengaruh terhadap konsentrasi tegangan, melainkan kedekatan jarak beban torsi yang diterima
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11160
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.