Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11135
Title: Komunikasi Eksternal Humas PT Pertamina Marketing Operation Region I dalam Mengenalkan Produk Baru Dexlite (Studi Deskriptif Kualitatif Humas Pertamina)
Authors: Rizqia, Winda Yulfi
Keywords: Komunikasi Eksternal;Humas;Dexlite
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Dexlite adalah bahan bakar minyak terbaru dari Pertamina untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia. Sebagai varian baru bagi konsumen yang menginginkan BBM dengan kualitas di atas Solar biasa (bersubsidi) Cetane Number minimal 48, tetapi dengan harga yang lebih murah daripada Pertamina Dex Cetane Number minimal 53. Peluncuran Dexlite ini diharapkan dapat mengurangi subsidi solar sebesar Rp 16 triliun yang lebih baik digunakan untuk sektor produktif seperti infrastruktur atau subsidi langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai 3 (tiga) orang narasumber untuk memperoleh data mengenai komunikasi eksternal humas Pertamina dalam mengenalkan produk baru Dexlite. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan adalah bahwa humas Pertamina melakukan komunikasi eksternal yang terstruktur dan menjalin hubungan baik dengan media sebab media berperan besar terhadap kinerja yang telah dilakukan humas sebagai penyalur informasi kepada publik, dan memanfaatkan secara optimal media sosial yang dimiliki oleh Pertamina. Selain itu, kemampuan komunikasi humas juga harus dipertahankan sebagai modal utama seorang humas.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11135
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf506.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.