Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11129
Title: Pengaruh Teknik Storyboard Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Gaol, Handayani Lumban
Issue Date: 10-Oct-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui TeknikStoryboard terhadap Keterampilan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VIII berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa keterampilan siswa menulis puisi sebelum menggunakan teknik storyboard memperoleh nilai rata-rata 64,92 termasuk dalam kategori cukup dan sesudah menggunakan teknik storyboard memperoleh nilai rata-rata 82,08 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 17,8. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1= 24, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,06 dan 1% = 2,80 maka diperoleh thitung>ttabel yaitu17,8>15,1 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan hipotesis yang berbunyi “Adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaaan teknik Storyboard dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11129
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HANDAYANI LUMBAN GAOL.pdf3.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.