Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui
TeknikStoryboard terhadap Keterampilan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII
SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Banyaknya jumlah populasi
yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas VIII berjumlah 25 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan
model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini
menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Berdasarkan teknik
analisis data, dapat diketahui bahwa keterampilan siswa menulis puisi sebelum
menggunakan teknik storyboard memperoleh nilai rata-rata 64,92 termasuk
dalam kategori cukup dan sesudah menggunakan teknik storyboard memperoleh
nilai rata-rata 82,08 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh uji “t”, thitung diketahui = 17,8. Selanjutnya dikonsultasikan
dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1= 24, maka diperoleh
taraf signifikansi 5% = 2,06 dan 1% = 2,80 maka diperoleh thitung>ttabel
yaitu17,8>15,1 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan hipotesis yang
berbunyi “Adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaaan teknik Storyboard
dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.