Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11081
Title: | Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019 |
Authors: | Rahmatika, Elvi |
Issue Date: | 19-Oct-2018 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model learning cycle terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019”. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Tanjung Pura Jl. T. Amir Hamzah Tanjung Pura Langkat. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 332 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang ada maka peneliti memilih satu kelas yaitu kelas X-MIPA3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji thitung . Hasil dari analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebelum perlakuan (pre-test) = 67,97 dan standar deviasi = 6,80 sedangkan nilai rata-rata sesudah perlakuan (post-test) = 80,15 dan standar deviasi = 5,65. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji “thitung”. Hasil perhitungan dikonsultasikan dengan ttabel dan diperoleh perhitungan thitung > ttabel yaitu 2,02 < 14,32 > 2,72 sehingga hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya yang diterima. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11081 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ELVI RAHMATIKA.pdf | 4.77 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.