Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model learning cycle
terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas X MAN 2 Tanjung
Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019”. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di
MAN 2 Tanjung Pura Jl. T. Amir Hamzah Tanjung Pura Langkat. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun
Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 332 siswa. Banyaknya jumlah
populasi yang ada maka peneliti memilih satu kelas yaitu kelas X-MIPA3
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group
pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen
tes berupa essai yaitu menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji thitung .
Hasil dari analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai
rata-rata siswa sebelum perlakuan (pre-test) = 67,97 dan standar deviasi = 6,80
sedangkan nilai rata-rata sesudah perlakuan (post-test) = 80,15 dan standar deviasi =
5,65. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan model Learning Cycle terhadap kemampuan menulis puisi oleh
siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018-2019. Hal
ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji “thitung”. Hasil
perhitungan dikonsultasikan dengan ttabel dan diperoleh perhitungan thitung >
ttabel yaitu 2,02 < 14,32 > 2,72 sehingga hipotesis alternatif (Ha) pada
penelitian ini terbukti kebenarannya yang diterima.