Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11061
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran Pancingan Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas Viii Smp Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Prasetya, Eggi
Keywords: Kemampuan;Metode Pancingan Kata Kunci;Menulis puisi
Issue Date: 24-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode Pembelajaran Pancingan Kata Kunci terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 42 Medan dengan menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian bejumlah 66 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling dan terbagi atas 2 kelas dengan rincian kelas VIII-B yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode yang bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh hasil skor tertinggi sebanyak 13 orang dengan nilai 56-65 dan skor terendah 7 orang dengan nilai 0-45. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 8 orang dengan nilai 0-45. Dari perolehan nilai di atas, diperoleh thitumg > ttabel (6,3 > 1,67). Dengan demikian Ha diterima. Maka dengan kata lain adanya pengaruh metode pembelajaran pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11061
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EGGI PRASETYA.pdf7.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.