Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Metode
Pembelajaran Pancingan Kata Kunci terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 42 Medan dengan menggunakan
rancangan Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian bejumlah 66
orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling dan terbagi
atas 2 kelas dengan rincian kelas VIII-B yang berjumlah 33 orang sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-D berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode
yang bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai akibat adanya
perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Setelah menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen
diperoleh hasil skor tertinggi sebanyak 13 orang dengan nilai 56-65 dan skor
terendah 7 orang dengan nilai 0-45. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor
tertinggi 8 orang dengan nilai 0-45. Dari perolehan nilai di atas, diperoleh thitumg
> ttabel (6,3 > 1,67). Dengan demikian Ha diterima. Maka dengan kata lain adanya
pengaruh metode pembelajaran pancingan kata kunci terhadap kemampuan
menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran
2017-2018.