Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10963
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamaliyah, Siti-
dc.date.accessioned2020-11-13T01:53:08Z-
dc.date.available2020-11-13T01:53:08Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10963-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kecerdasan naturalis anak yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui metode inquiry pada anak RA Al-Musa`adah Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai agar anak dapat belajar dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui metode inquiry dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak RA Al-Musa`adah Pabatu Kabupaten Serdang Bedagai, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode inquiry pada anak RA Al-Musa`adah Pabatu Serdang Bedagai berhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat di rata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,87%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,18%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 78,12%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak menggunakan metode inquiryen_US
dc.subjectKecerdasanen_US
dc.subjectNaturalisen_US
dc.subjectInquiryen_US
dc.titleMeningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Inquiry Di RA Al-Musa`Adah Pabatu Serdang Bedagaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.