Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10904
Title: Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Anak Dalam Belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan
Authors: Hariani, Lina
Keywords: Komunikatif;Keaktifan;Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan anak dalam belajar dengan penerapan pendekatan komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 15 subjek penelitian dan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan analisis datanya menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan peneliti sebagai guru di RA Fatimah Az-Zahra Medan khususnya pada kelompok B, peneliti mendapati ada anak yang tidak aktif mengikuti pembelajaran. Anak cendrung bermain, mengganggu teman pada saat belajar, tidak memperhatikan guru saat guru menjelaskan dan tidak mengerjakan tugas pada saat pembelajaran diberikan pada anak. Pengalaman tersebut membuat peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa keaktifan anak dalam belajar melalui pendekatan komunikatif di RA Fatimah Az-Zahra dapat ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase pada tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 15,1%, selanjutnya siklus I rataratanya adalah 26,7%, pada siklus dua terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 55,1%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang diperoleh anak adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar di RA Fatimah Az-Zahra Medan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10904
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LINA HARIANI.pdf3.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.