Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10890
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan
Authors: Sriyani, Tun
Keywords: Sosiodrama;Hasil Belajar
Issue Date: 27-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VII sebanyak 56 orang dan sampel sebanyak 28 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Pengelolaan penelitian ini menggunakan rumus uji “t”, uji validitas serta rumus reabilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan antara variabel 1 dan variabel 2. Setelah data terkumpul lalu dihitung menggunakan teknik uji “t” dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien uji “t” dengan tabel nilai “t” pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa thitung = 3,373 lebih besar daripada ttabel baik itu taraf 5% (2,048) dan 1% (2,763) dengan formulasi bandingan yaitu 3,373>2,048 dan 2,763. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara metode pembelajaran sosiodrama terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10890
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUN SRIYANI.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.