Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10872
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: Sari, Novita
Keywords: Media LKS;Hasil Belajar;Kooperatif tipe STAD.
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) pada kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) di kelas X SMK Negeri 1 Medan. Yang menjadi variabel dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS). Instrument yang digunakan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak-3 SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, yang jumlah siswa yang sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menghitung persentase kenaikan hasil tes secara keseluruhan pada setiap siklus. Dari hasil penelitian ini yaitu hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) dalam kompetensi dasar menganalisis simpanan dana tabungan dan mengitung simpanan dana tabungan dikelas X SMK Negeri 1 Medan sudah baik, hal ini terlihat dalam peningkatan hasil belajar dari setiap siklus yang telah diterapkan. penerapan pada siklus I tingkat ketuntasan siswa sebesar 47,22% dengan hasil rata-rata 72,36 dan pada siklus II tingkat ketuntasan 88,89% dengan hasil rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10872
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.