Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10837
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMP Muhammadiyah 06 Medan
Authors: Hasanah, Siti Nurul
Keywords: Two Stay-Two Stray;Hasil Belajar
Issue Date: 29-Mar-2018
Publisher: Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMP Muhammadiyah 06 Medan
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IX SMP Muhamamdiyah 06 Medan. Penerapan model pembelajaran two stay-two stray bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran two stay-two stray terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 06 Medan. Jenis peneitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan counterbalanced Measures design. Teknik analisis data menggunakan metode statistikdeskriptif t-tes. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 06 Medan. Populasi pad penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX yang berjumlah 290 orang dengan sampel 82 orang yang diambil dengan cara dirandom. Populasi untuk selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IX1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran two stay-two stray dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah terhadap hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran two stay-two stray berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar siswa dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,768 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,316 dan 0,405) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,768 ≥ 0,316 dan 0,405). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran two stay-two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas IX di SMP Muhammadiyah 06 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10837
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL.pdf6.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.