Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10819
Title: Konsep Pendidikan Islam Menurut Abdul Munir Mulkhan
Authors: Budianti, Rahayu
Keywords: Konsep;Pendidikan Islam
Issue Date: 27-Mar-2018
Abstract: Berdasarkan fenomena bahwa pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakekat dan identitasnya terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum bisa mencerminkan nilai Islam terhadap moral anak bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam perlu pembenahan kembali, sehingga penelitian ini pengangkat gagasan Abdul Munir Mulkhan yang merupakan seorang tokoh intelektual di Muhammadiyah yang memiliki gagasan gemilang di dunia akademisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan ini termasuk dalam kategori penelitian Studi Tokoh, yaitu penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan menggunakan pendekatan historis dan filosofis. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan karya-karya Abdul Munir Mulkhan yang dijadikan sebagai data primer dan ditambah dengan referensi lainnya sebagai data sekunder untuk kemudian diminta penguatan terhadap tokoh melalui media sosial yang ada hubungan dengan objek penelitian ini. Konsep pendidikan Islam menurut Abdul Munir Mulkhan pada dasarnya terletak pada dalam tubuh pendidikan Islam itu sendiri. Fokus utama pendidikan Islam adalah terletak pada tumbuhnya kepintaran siswa yaitu kepribadian yang sadar diri atau kesadaran budi sebagai pangkal dari kecerdasan kreatif. Diharapkan kemampuan siswa untuk mempunyai kesadaran kekuasaan Tuhan dalam mengawasi tindakan manusia, bukan hanya siswa melainkan seperangkat pelaku pendidikan Islam itu sendiri. Guru seharusnya menjadi pembimbing peserta didik bagaimana belajar hidup, bukan sekedar menunjukkan sejumlah pengetahuan dan dalil-dalil ilmu, kecerdasan dan keterampilan. Pendidikan moral bukan sekedar soal pengetahuan baik buruk dengan segala resikonya, tetapi memeroleh pengalaman baik buruk. Guru bukan sekedar pembimbing anak-anak agar bisa membaca, tetapi bagaimana membaca sebagai cara belajar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10819
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_Rahayu Budianti.pdf4.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.