Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10816
Title: Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Kooperatif Pada Anak mKelompok B Di RA Rahmatullah Tanjung Morawa Pembimbing
Authors: Ningsih, Endang Sri Lestari
Keywords: Sosial;Emosional;Bermain;Kooperatif
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan utama dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa sebelum dilakukannya tindakan kelas, untuk mengetahui penerapan kegiatan bermaian kooperatif pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa ketika dilakukannya tindakan kelas, dan untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan kegiatan bermain kooperatif terhadap peningkatan sosial emosional pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa setelah dilakukannya tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa dengan jumlah 15 orang anak. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan anak, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan pada tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa sebelum dilakukannya tindakan kelas masih belum maksimal sebab pada sebagian besar anak masih sulit untuk siap membantu teman, anak masih enggan bekerjasama terlebih dengan teman yang tidak dekat dengannya, serta masih munculnya egosentris anak ketika guru melakukan kegiatan bermain dengan alat. Penerapan kegiatan bermaian kooperatif pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa dilakukan sebanyak dua siklus dimana kegiatan bermain kooperatif yang dilakukan ada dua bentuk yaitu permainan ular naga dan permainan boin-boinan yang dimainkan secara berkelompok dan kompetisi. Penerapan kegiatan bermain kooperatif berpengaruh positif terhadap peningkatan sosial emosional pada anak kelompok B di RA Rahmatullah Tanjung Morawa. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan tindakan yang mengalami peningkatan sejak prasiklus hingga siklus II dimana pada tahap prasiklus atau sebelum dilakukan kegiatan bermain kooperatif, sosial emosional anak hanya mencapai 24,44 %. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 55,56 % namun masih belum maksimal karena belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %, dan puncaknya terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 86,67 % dengan kriteria baik sekali serta telah mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10816
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Endang 01.pdf1.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.