Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10803
Title: Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Dalam Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Prlajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018
Authors: Karo-Karo, Nanda Sry Jussyah
Keywords: Model Pembelajaran;Kooperatif
Issue Date: Mar-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dimana hanya 45,24% yang memperoleh nilai yang sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan apakah ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model Kooperatif Jigsaw pada pokok pembahasan Adab Bergaul Dalam Islam dikelas VIII_I SMP Muhammadiyah 06 Medan yang berjumlah 42 orang siswa. Dari hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar tes awal (sebelum menerapkan model Kooperatif Jigsaw) dari 42 siswa hanya 19 orang siswa yang tuntas yang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terdapat 22 orang siswa yang tuntas dan setelah siklus II menjadi 36 orang siswa yang tuntas, dengan perolehan tingkat ketuntasan klasikal 52,38% pada siklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Ini berarti siswa sudah mencapai nilai KKM yang diharapkan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada pokok pembahasan Adab Bergaul Dalam Islam dengan menggunakan model Kooperatif Jigsaw kelas VIII_I SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10803
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.