Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10785
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantu Media Diktat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018
Authors: Kurnia, Dadang
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantu Media Diktat;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar Akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 dan apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantu media diktat terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 pada pada materi pokok akuntansi persediaan. Penelitan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas XI akuntansi yang berjumlah 4 kelas dengan jumlah 149 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (sampel bertujuan), dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah XI AK-3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk uraian tes (subjective test) yang berjumlah 20 soal yang telah terlebih dahulu di uji validitas dan realibilitasnya. kemudian dibagi atas dua bagian, yaitu tes sebelum melaksanakan perlakuan (Pre-test) berjumlah 10 soal dan tes setelah melakukan perlakuan (Post-test) berjumlah 10 soal. Dari analisis perhitungan nilai pre-test diperoleh nilai rata-rata 67,43 dengan standar devisiasi 11,95. Sedangkan nilai post-test diperoleh nilai rata-rata 79,32 dengan standar devisiasi 10,54 dan dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 9,99 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = N – 1 = 36 maka ttabel = 1,684. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh (9,99 > 1,684), sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah “ ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantu Media Diktat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017-2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10785
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf8.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.