Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10773
Title: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Direct Method Berbantu Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III SDN 102075 Bandar Khalifah.
Authors: Purnama, Ita
Keywords: Hasil Belajar;Direct Method
Issue Date: 29-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan model Direct Method dan media Audio Visual Di Kelas III SDN 102075 Bandar Khalifah. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas III SDN 102075 Bandar Khalifah yang berjumlah 20 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tes awal dari 20 orang siswa terdapat 2 orang siswa (10,00 %) siswa yang tingkat ketuntasan belajarnya ≥ 65%, sedangkan 18 siswa lagi (90,00%) siswa yaitu masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar. Pada tes awal ini, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 38,50%. Pada siklus I dari 20 orang terdapat 9 orang siswa (45,00%) siswa yang tingkat ketuntasan belajarnya ≥ 65%, sedangkan 11 orang siswa lagi (55,00%) siswa yaitu masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar. Pada tes siklus I ini, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 62,50%. Pada siklus II dari 20 orang siswa terdapat 18 orang siswa yang memperole ketuntasan belajar sebesar 90%, sedangkan 2 orang siswa 10% tidak mendapatkan ketuntasan belajar. Hal ini berarti penelitian ini dapat dikatakan sudah sukses karena siswa telah memperoleh hasil belajar secara klasikal yaitu sebesar 90% dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 76,50%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10773
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ita Purnama.pdf2.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.