Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10767
Title: Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas V SDs Amanah Lubuk Pakam
Authors: Kesuma, Hardi
Keywords: Pendekatan Saintifik;Hasil Belajar
Issue Date: 29-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas V SD Swasta Amanah Lubuk Pakam. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Swasta Amanah Lubuk Pakam yang berjumlah dari 16 orang siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini pada tes awal dari 16 orang siswa terdapat 6 orang siswa (37,50%) yang memperoleh ketuntasan belajar, dan 10 orang siswa (62,50%) yang belum memperoleh ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 58,12%. Pada siklus I dari 16 orang siswa terdapat 9 orang siswa (56,25%) yang mendapat ketuntasan belajar, sedangkan 7 orang siswa (43,75%) yang belum memperoleh ketuntasan belajar siswa dan rata-rata skor yang didapat adalah sebesar 65,00%. Pada siklus II dari 16 orang siswa terdapat 14 siswa (87,50%) yang mendapat ketuntasan belajar, dan 2 siswa (12,50%) yang belum mendapat nilai ketuktasan belajar. Sedangkan ratarata yang diperoleh dari hasil belajar siswa adalah sebesar 78,12%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10767
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRPSI FULL.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.