Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10744
Title: Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Siswa Pada MATERI HAJI dan UMRAH Di Kelas XI SMK Hafsyah Medan
Authors: Munthe, Azan Akbar
Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD);Hasil dan Minat Siswa
Issue Date: 22-Mar-2018
Abstract: Dalam proses belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Salah satu upaya guru untuk mengaktifkan siswa dalam belajar adalah dengan jalan menggunakan metode diskusi. Penggunaan metode diskusi dalam proses belajar mengajar selain sebagai alat untuk mencapai tujuan intruksional juga dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan lain yakni agar anak lebih aktif dalam belajar. Hal ini jelas karena dengan metode diskusi, para siswa akan dapat saling bertukar informasi dan pengalaman dalam menjelajahi kawasan baru. Disamping itu metode diskusi dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi, menambah efesiensi belajar, membantu teman mereka serta terlibat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Setiap penelitian tentunya mempunyai tujuan, adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui cara penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada materi haji dan umrah di kelas XI SMK Hafsyah Medan, 2.Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi haji dan umrahdi kelas XI SMK Hafsyah Medan, 3. Untuk mengetahui hasil pada siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi haji dan umrah dikelas XI SMK Hafsyah Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun proses penelitian tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah hasil dan minat siswa tergolong meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 26 orang telah lulus dengan persentase 89.65% dan yang tidak lulus 3 orang dengan persentase 10.34%. dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil dan minat belajar pada siswa kelas XI SMK Hafsyah Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10744
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AZAN AKBAR MUNTHE (1301020032).pdf2.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.