Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10739
Title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pelayanan Bimbingan Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 2017/2018
Authors: Safitri, Aulia
Keywords: aktivitas siswa;guru dalam mengelola pembelajaran
Issue Date: Mar-2018
Abstract: Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah pelayanan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VII Ar-Rahman MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Ar-Rahman MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 20172018, YANG TERDIRI DARI 46 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan dengan Pelayanan Bimbingan Belajar dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa pada pokok bahasan asmaul husna. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui hasil belajar aqidah akhlak siswa dengan menggunakan Pelayanan Bimbingan Belajar. Teknik dan analisis data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnnya pembelajaran aqidah akhlak. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 17 orang siswa (36,95%) yang tuntas serta 29 orang siswa (63,04%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa (50%) yang tuntas, sedangkan 23 siswa (50%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 40 orang siswa (86,95%) yang tuntas, sedangkan 6 orang siswa (13,04%) yang belum tuntas tetapi sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 77,17 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 88,74 Aktivitas dan keefektifan belajar aqidah akhlak siswa selalu mengalami peningkatan mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar aqidah akhlak menggunakan Pelayanan Bimbingan Belajar pada siwa MTs. Muhammadiyah Sei. Apung Jaya Kec. Tanjung Balai T.P 2017/2018 efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10739
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf3.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.