Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10715
Title: Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Diadik Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Putri, Novika
Keywords: Bimbingan Kelompok,;Komunikasi Diadik
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Komunikasi Diadik adalah proses komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih secara langsung (tatap muka) dan terjadi timbal balik secara langsung pula baik secara verbal maupun non verbal yang berfungsi sebagai dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik itu kebutuhan psikologis maupun kebutuhan sosial manusia dalam rangka membina hubungan dan interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Diadik siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebanyak 5 siswa yang memiliki kriteria permasalahan mengenai Komunikasi Diadik. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah peneliti bekerja sama dengan guru BK. Jenis penelitian ini dengan menggunakan tindakan deskriptif kualitatif. Instrumentasi pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Dengan dilakukannyaLayanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Diadik Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Dapat membuat siswa memenuhi kebutuhan sosial dan psikologis, mengembangkan kesadaran diri, matang akan konvensi sosial dan konsistensi hubungan dengan orang lain. Dengan demikian bimbingan kelompok dapat membantu siswa untuk meningkatkan Komunikasi Diadik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10715
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf860.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.