Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10682
Title: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di SMP NEGERI 38 MEDAN T.P. 2017/2018 |
Authors: | Harahap, Yuni Novariza |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran;Model Team Assisted Individualization (TAI), Bentuk aljabar. |
Issue Date: | 18-Mar-2018 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaiaan berbasis model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi Bentuk Aljabar untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model 4-D yang dimodifikasi tidak sampai ke Disseminate (penyebaran). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi (RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaiaan) tes angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik dan skor rata- Perangkat Penilaiaan yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik. Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 91,66% dan (b) ketercapaiaan indikator berada pada kriteria keefektifan. Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) adalah positif. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10682 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI.pdf | 3.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.