Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaiaan berbasis
model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi Bentuk
Aljabar untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian
pengembangan model 4-D yang dimodifikasi tidak sampai ke Disseminate
(penyebaran). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
validasi (RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat
Penilaiaan) tes angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 4,3 dari
skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,3 dari
skor maksimal 5,00 dengan kategori baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,4 dari skor
maksimal 5,00 dengan kategori baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,5
dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik dan skor rata- Perangkat Penilaiaan
yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori baik. Hasil uji coba perangkat
pembelajaran yang dikembangkan dengan model Kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar siswa secara
klasikal sebesar 91,66% dan (b) ketercapaiaan indikator berada pada kriteria
keefektifan. Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan
model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) adalah positif.