Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10655
Title: Penerapan Model Pembelajaran Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020
Authors: Rahmadani, Ulfy
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep;Model Pembelajaran Knisley
Issue Date: 20-Sep-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa dengan model pembelajaran knisley di kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 25 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah sistem koordinat. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian yang terdiri dari 10 soal tes pemahaman matematika siswa untuk siklus I dan II. Hasil penelitian sebelum tindakan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa adalah 29,00. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Knisley nilai ratarata pemahaman konseptual siswa pada siklus I adalah 32,21(cukup tiNggi) menjadi 38,4 (Tinggi) pada siklus II. Selanjutnya rata-rata hasil observasi kegiatan siswa siklus I adalah 85,29% dan meningkatkan pada siklus II menjadi 91,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Knisley dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran Knisley dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10655
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ULFY RAMADHANI.pdf3.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.